Tahap kedua menulis syntax program pada Processing
Sebelum menjalankan Processing, install dahulu library Processing dengan cara mengcopy file Soundchiper ke dalam direktori installasi Processing.
Untuk memulai menulis syntax program,
jalankan software Processing pada PC
anda.
1. Berupa komentar pembuka syntax
/**
*Piano Sederhana
*
*Amelsi Afrilla
*Julian Maryadi
*Nur Aprilia
*
*Soundchiper by Adrew R. Brown
*Piano bekerja dengan baik jika di tekan
"tut" satu per satu
/
2. Perintah untuk membuka / import
keytrigger yang pada library Soundchiper
import
arb.soundcipher.*;
SoundCipher sc = new
SoundCipher(this);
void keyPressed()
{
sc.playNote(key - 40, 100, 0.5);
}
void draw()
{}
3. Insiliasi
sebelum void setup
SoundCipher sc;
boolean[] keysNotePlay;
int[] keysNoteMap;
4. Menentukan
key piano pada keyboard dan menentukan ukuran tinggi rendah suara nada yang
dihasilkan.
keysNotePlay = new boolean[127];
keysNoteMap = new int[127];
keysNoteMap['a'] = 59;
keysNoteMap['s'] = 60;
keysNoteMap['d'] = 62;
keysNoteMap['f'] = 64;
keysNoteMap['g'] = 65;
keysNoteMap['h'] = 67;
keysNoteMap['j'] = 69;
keysNoteMap['w'] = 61;
keysNoteMap['e'] = 63;
keysNoteMap['t'] = 66;
keysNoteMap['y'] = 68;
keysNoteMap['u'] = 70;
5. Ukuran display
size (720,700);
6. Mematikan
suara ketika key di lepas (tombol keyboard)
void keyReleased(){
keysNotePlay[key] = false;
}
7. Menggambar
Piano berupa objek Rectangle
void draw() {
//tut warna putih
fill(255);
if( keyPressed &&
keysNotePlay['a'] == true){
fill(204);
}
rect (10, 10, 100, 500);
fill(255);
if( keyPressed &&
keysNotePlay['s'] == true){
fill(204);
}
rect (110, 10, 100, 500);
fill(255);
if( keyPressed &&
keysNotePlay['d'] == true){
fill(204);
}
rect (210, 10, 100, 500);
fill(255);
if( keyPressed &&
keysNotePlay['f'] == true){
fill(204);
}
rect (310, 10, 100, 500);
fill(255);
if( keyPressed &&
keysNotePlay['g'] == true){
fill(204);
}
rect (410, 10, 100, 500);
fill(255);
if( keyPressed &&
keysNotePlay['h'] == true){
fill(204);
}
rect (510, 10, 100, 500);
fill(255);
if( keyPressed &&
keysNotePlay['j'] == true){
fill(204);
}
rect (610, 10, 100, 500);
//tut warna hitam
fill(0);
if( keyPressed &&
keysNotePlay['w'] == true){
fill(204);
}
rect (75,10,70,270);
fill(0);
if( keyPressed &&
keysNotePlay['e'] == true){
fill(204);
}
rect (175,10,70,270);
fill(0);
if( keyPressed &&
keysNotePlay['t'] == true){
fill(204);
}
rect (375,10,70,270);
fill(0);
if( keyPressed &&
keysNotePlay['y'] == true){
fill(204);
}
rect (475,10,70,270);
fill(0);
if( keyPressed &&
keysNotePlay['u'] == true){
fill(204);
}
rect (575,10,70,270);
8. Syntax untuk menampilkan gambar “dilengkapi
dengan void setup dan void draw
PImage gambar;
gambar = loadImage("label.jpg");
image(gambar, 422, 530);
9. Perintah
untuk menjalankan piano
if( keyPressed && keysNotePlay[key] == false){
sc.playNote(keysNoteMap[key], 100, 1);
keysNotePlay[key] = true;



Sangat bermanfaat, software yang digunakan harus menggunakan processing gan?
BalasHapusSoftware lainnya juga bisa gan seperti NetBeans, namun kali ini saya menggunakan software Processing.
HapusMenarik, piano ini untuk PC saja min?
BalasHapusUntuk saat ini masih menggunakan PC sis.
HapusSangat bermanfaat sekali
BalasHapusTerimakasih sudah berkunjung
HapusLibrary yang digunakan hanya untuk piano saja min?
BalasHapusIya gan, bisa di download pada blog tahap 1 gan.
HapusBahasa pemograman memang harus menggunakan java min? Terimakasih
BalasHapusTidak harus gan, bisa juga menggunakan C, C++ dan lainnya
Hapusmantap min
BalasHapusTerimakasih sudah berkunjung
HapusIzin copas om
BalasHapusSilahkan om
HapusMantapp gan
BalasHapusTerimakasih gan
HapusNIce blog, sangat membantu saya sebagai seorang yang menyukai musik. ditunggu program untuk pembuatan drum melalui processing min..
BalasHapusTerimakasih gan, salam seirama
Hapusnot bad application, but i like your tutorials.
BalasHapusThanks bro
HapusMantap gan, sangat bermanfaat
BalasHapusTerimakasih, sangat membantu :)
BalasHapusSama-sama sis
HapusMantappp rekan julian👍👍
BalasHapusSiap rekanku
Hapuspostingannya bagus, sangat berguna
BalasHapusMantap Lanjutkan Kerja keras mu
BalasHapusSiap gan
HapusWiihh kereen rekankuu👍
BalasHapusSip rekanku
Hapuskeren nih
BalasHapusSyntax no 8 yang di maksud gambar yang mana min?
BalasHapusUntuk gambar nama author yang berada di sudut kanan bawah.
HapusOke makasih min
HapusSama2 gan
Hapusnice brader
BalasHapusmantap min, izin share ya
BalasHapusSilahkan sis..
HapusMampir min
BalasHapus